Logo HeaderEFRAT FUNERAL
One Stop Funeral Service
Rumah Duka - Peti Jenazah - Cargo Jenazah
 Artikel banner

Artikel

Menjawab Pertanyaan mengapa Makam Tionghoa Berukuran Besar

Menjawab Pertanyaan mengapa Makam Tionghoa Berukuran Besar

Makam orang Tionghoa dapat dengan mudah diketahui. Dari bentuk kubur, nisan, dan mausoleum (bangunan pelindung makam), memiliki ciri khas dan gaya arsitektur tersendiri. Jika diperhatikan, rata-rata makam Tionghoa juga berukuran besar. Nyatanya ada makna dari makam tersebut.

masyarakat Tionghoa tradisional memiliki konsep kematian tersendiri. Orang Tionghoa percaya orang meninggal akan berpindah tempat ke dunia lain. Dunia tersebut mirip dengan dunia hidup sebagai manusia.

Jadi saat dimakamkan jenazah orang Tionghoa tradisional akan mengenakan pakaian terbaik dan semua barang kesukaan semasa hidup ikut dikuburkan. "Mulai dari pakaian, mainan, perhiasan sampai kalau perlu pembantunya atau pengawalnya. Ini contohnya masa dinasti ada 'teman' untuk menemani tuan atau kaisar

Dengan konsep kematian seperti itu, maka tak heran makam orang Tionghoa khususnya yang zaman dulu berukuran besar. Pada makam Tionghoa juga terdapat altar atau meja persembahan. Dengan konsep kematian dan pemujaan leluhur dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa tradisional. Bahwa orang meninggal masih memerlukan uang, TV, rumah, dan lainnya di alam sana. Maka dalam upacara kematian akan dibakar rumah-rumahan kertas, mobil-mobilan kertas, disajikan makanan kesukaan di altar depan bongpai (nisan) setiap upacara kematian dan perayaan Cengbeng (hari bersih-bersih kuburan)

Ciri lain dari makam Tionghoa selain ukuran dan terdapat altar adalah gundukan tanah di kubur, nisan dengan tulisan, dan altar dewa bumi penjaga di sebelah kiri makam. Seiring perkembangan zaman, tidak semua makam Tionghoa memiliki ciri tersebut. Banyak orang Tionghoa yang menganut agama lain dan menyesuaikan makam dengan bentuk makam agama yang dianut.


Artikel Menjawab Pertanyaan mengapa Makam Tionghoa Berukuran Besar
Reviews System WIDGET PACK
Logo Header
EFRAT FUNERAL
One Stop Funeral Service
Rumah Duka - Peti Jenazah - Cargo Jenazah
Office
: Jl. Sumagung 1 No. 2A kelapa Gading Jakarta Utara 14240
Telp
: 081290603667
Whatsapp
: 6285967022036
Email
: service@efratfuneral.com
Copyright © 2017 - Efrat Funeral. All Rights Reserved
Powered by EFRAT FUNERAL
Link Mobile
Header Contact Information